Ground Handling

Blog Ini Berisi Pengetahuan Mengenai Ground Handling

12/11/2008

Terminal & Apron Area

TERMINAL AREA

1. Passenger Handling
Proses pelayanan penumpang dibandara baik pada saat sebelum penerbangan maupun setelah tiba ditempat tujuan.
2. Passenger
Seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan jasa penerbangan untuk membawa ketempat tujuannya pada waktu tertentu.
3. Flow of Passenger

• Pre journey
Booking dan reservation (proses perencanaan perjalanan). Kode booking berisikan nama pax, alamat, nomor ticket.

• Pre flight service
Proses check in (penumpang melaporkan perihal keberangkatannya di check in counter untuk pernerbangan yang sudah ditentukan sesuai dengan reservasinya.

• In flight service

• Post flight service
Boarding adalah waktu atau saat penumpang sudah boleh naik ke pesawat.

• Post journey
Penanganan complain penumpang yang tidak puas dalam perjalanannya.

APRON SIDE

Apron adalah suatu daerah atau tempat dan bagian dari Bandar udara yang ditentukan dan digunakan untuk menempatkan pesawat terbang dan melakukan aktivitas: parkir, menaikan dan menurunkkan penumpang, cargo, pos, pengisian bahan bakar, perawatan pesawat terbang dan juga memberikan tempat untuk pergerakan kendaraan dan peralatan pendukung operasional darat.
Syarat-syarat Ramp Design:
1. Mempunyai permukaan atau dasar yang kuat.
2. Tersedianya tempat parker pesawat.
3. Tersedianya jalan dan area pergerakan untuk lalu lintas kendaraan dan peralantan pendukung operasional dari dan ke apron.
4. Tersedianya sarana jalan dari dan ke terminal penumpang, cargo area.
5. Tersedianya area untuk parkir kendaraan dan peralatan pendukung operasional darat.
6. Tersedianya sumber penerangan yang cukup dengan penempatan yang baik.

Tujuan Ramp Handling
1. Safety.
2. Regular.
3. Ramp activities.
4. Ground service equipment.

Label: , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda